Selasa, 31 Januari 2012

Manfaatkan Hari Ini


Ada dua hari di setiap minggu yang tak perlu dirisaukan. Justru sebaiknya dibebaskan dari kekhawatiran dan keprihatinan. Salah satu di antaranya adalah KEMARIN, plus segala sesuatu yang sudah menjadi "miliknya", seperti kesalahan maupun perhatian, cinta kasih maupun penderitaan.

KEMARIN sudah lewat, di luar jangkauan kendali kita. Bahkan bila uang yang beredar di dunia dikumpulkan pun tidak akan bisa mengembalikannya. Kita tak bisa menarik lagi satu pun tindakan yang sudah kita lakukan; tidak bisa menghapus satu pun kata-kata yang pernah kita ucapkan; dan tidak bisa meralat sebuah kesalahan yang terlanjur terjadi. KEMARIN sudah lewat jauh di belakang. Biarlah ia pergi dengan tenang.
Hari lain yang juga tidak perlu kita khawatirkan adalah BESOK, dengan semua "rencananya". Begitu pula, BESOK juga hari yang di luar jangkauan kontrol kita langsung. Matahari tentu masih akan bersinar. Namun entah sinarnya terang benderang indahnya atau tertutup gumpalan awan, kita tak tahu. Sampai saatnya ia muncul nanti, kita tak bisa meramal apa yang akan terjadi BESOK.
Dari kedua hari yang telah disebut di muka, tinggal satu hari lagi yang tersisa, yakni hari ini atau SEKARANG. Seseorang bisa memenangkan sebuah pertempuran dalam sehari. Menyesali apa yang sudah terjadi kemarin, serta memperkirakan apa yang akan muncul besok, tidak akan mendapatkan banyak manfaat. Oleh karena itu apa pun yang bisa kita kerjakan hari ini, selesaikan hari ini juga. (Robert J. Burdette) Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar