Rabu, 04 Januari 2012

Koin Tembaga

Ilustrasi
Mahatma Gandhi (1868-1948) telah mengunjungi berbagai kota , desa dalam rangka mengumpulkan dana Charka Sangh. Dalam salah satu perjalanannya , ia berpidato dalam sebuah pertemuan di Orissa. Setelah ia berbicara, seorang wanita miskin berdiri. Umurnya sudah sangat tua dan badannya bongkok, rambutnya beruban serta pakainnya compang camping. Beberapa orang berusaha mencegahnya berjalan, tetapi dia berjuang keras untuk sampai ke tempat Gandhi duduk.
“Saya harus melihatnya, ” dia tetap bersikeras dan menghampiri Gandhi.
Kemudian dari lipatan bajunya dia mengeluarkan sebuah koin tembaga serta meletakkan dibawah kaki Gandhi. Gandhi mengambil koin itu dan meletakkannya dengan hati-hati.
Jamnalal Bajaj adalah penanggung jawab dana-dana Charkha sangh. Dia meminta Gandhi untuk menyerahkan koin tersebut  tetapi Gandhi menolaknya.
“Aku menyimpan cek bernilai ribuan rupee untuk Charkha sangh, tetapi kau tidak mempercayaiku untuk sebuah koin tembaga,” Jamnalal Bajaj menertawakan Gandhi.
Gandhi pun menjawab, “Koin tembaga ini jauh lebih bernilai daripada ribuan rupee tersebut. Jika seseorang pria mempunyai beberapa ratus ribu dan memberikan seribu atau dua ribu, hal itu tidak berarti apa-apa baginya. Tetapi koin ini mungkin merupakan semua yang dimiliki wanita miskin itu. Dia sangat dermawan. Dia telah mau memberikan kepadaku semua yang dipunyainya. Itu merupakan suatu pengorbanan besar. Itulah mengapa aku menghargai koin tembaga ini lebih daripada sepuluh juta rupee.”Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar